Bupati Soekirman : Tingkatkan Peran Serta Masyarakat dan Lintas Sektor Untuk Hidup Sehat

Bupati Soekirman : Tingkatkan Peran Serta Masyarakat dan Lintas Sektor Untuk Hidup Sehat

beritamonitor.sergai. Untuk lebih memaknai momen peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar kampanye kawasan tanpa asap rokok yang dirangkai dengan dengan launching Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Notifikasi Kinerja (SIMANJA) dengan judul “Simanja Bikin Gemas” bertempat di Wisma Distric Area manager Deli Serdang I PTPN III Gunung Pamela Kecamatan Sipispis, Rabu (15/11).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua DWP drg. Hj Khairani Hadi Winarno, para Staf Ahli Bupati, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, Kadis Kominfo Ikhsan, AP,  Kadis Perhubungan Herlan Panggabean, Manager distric area Deli Serdang I PTPN III Gunung Pamela, para Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sergai.

Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan, seiring dengan tema HKN ke 53 yaitu “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”, Pemkab Sergai pada perayaan kali ini juga mengangkat tema “Sehat Keluargaku, Sehat Desaku, Sehat Kecamatanku, Sehat Sergaiku, Sehat Indonesiaku” sebagai wujud tindak lanjut dari tujuan nasional untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dikatakan Bupati Soekirman bahwa pengembangan program inovasi juga harus ditingkatkan karena tanpa inovasi akan sulit mengatasi masalah kesehatan. Program ini menekankan pada upaya peningkatan peran serta masyarakat dan lintas sektor dalam meningkatkan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat sesuai dengan visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 43 tahun 2016 tentang standar pelayanan minimal bidang kesehatan terdapat 12 indikator keluarga sehat salah satunya adalah tidak adanya keluarga yang merokok. Oleh karenanya Pemkab Sergai yang telah memiliki Perda Nomor 10 tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) merupakan bagian dari 12 indikator keluarga sehat di atas.

Diakui Bupati bahwa dengan mengimplementasikan Perda KTR ini, menghantarkan Pemkab Sergai meraih penghargaan dari Menkes RI. Untuk mensosialisasikan Perda tersebut dalam kesempatan ini kita akan melaksanakan kampanye kawasan tanpa asap rokok yang dapat kita terapkan pada lingkungan masing-masing, tandas Bupati.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit  menyampaikan laporan kegiatan yang bertujuan selain dalam rangka perayaan HKN ke 53 sekaligus memperkenalkan Program SIMANJA dan mempromosikan budaya hidup bersih dan sehat melalui kampanye kawasan tanpa asap rokok. (boby)

(0)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply