KPU Sumut Ngaku Peran Media Sangat Penting Informasikan Tahapan Pemilu

KPU Sumut Ngaku Peran Media Sangat Penting Informasikan Tahapan Pemilu

Medan, Beritamonitor.com,Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Sumut mengaku kehadiran media massa sangat penting dalam memberikan penyampaian informasi- informasi mengenai tahapan pemilihan umum kepada masyarakat.

” Sebagai penyelenggara, KPU Sumut sangat berterimakasih sekali dengan para wartawan baik wartawan cetak, online dan elektronik  yang telah bekerja secara optimal dalam menyampaian informasi pelaksanaan tahapan pemilihan Pilgubsu 2018,” aku Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea dalam kata sambutannya dalam kegiatan Media Gathering yang digelar di Brastagi, Kabupaten Karo, Minggu (29/4) malam.

Dihadapan para wartawan yang ngepos di KPU Sumut, Mulia Bunarea juga menegaskan kalau pihaknya tidak akan menutup-nutupi informasi selama inforrmasi yang ditanya itu tidak melanggar peraturan. ” Kita selalu terbuka akan tetapi rekan-rekan media juga harus bisa mengerti kalau ada juga informasi yang tidak bisa dipublisakan yang harus melalui proses pleno terlebih dahulu,” terang mulia dengan tersenyum.

Dalam acara media gathering yang berlangsung mulai 29 April- 1 Mei 2018 ini juga turut dihadiri Ketua PWI Sumut, Hermansyah SE serta para komisioner KPU Sumut yakni Yulhasni, Nazir Salim Manik, Iskandar Zulkarnain dan Sekretaris Abdul Rajab Pasaribu ini juga  dijelaskan Ketua KPU Sumut kalau sebagai penyelengara Pemilu, KPU akan tetap bersiteguh dalam menjalankan prinsip Pemilu. ” Setidak ada 4 prinsip yang akan terus kita pegang penuh,” aku Mulia.

Prinsip yang pertama sebut Mulia yakni sebagai penyelengara KPU Sumut harus bekerja secara profesional yang artinya akan selalu bekerja sesuai apa yang telah ditentukan oleh peraturan. Yang kedua KPU harus tetap menjaga integritas, kemudian yang ketiga menjaga indepensi dan yang terakhir transparansi dan akuntabel.

Pada kesempatan itu dirinya juga berharap agar tidak ada lagi berita-berita hoax, sebab KPU Sumut telah berkomitmen melawan hoax, SARA dan politik uang yang diwujudkan dengan deklarasi bersama melawan hoax, SARA dan politik uang. Sementara itu Ketua PWI Sumut, Hermansyah SE  sangat merespon kegiatan yang melibatkan insan pers tersebut. Maka dari itu dirinya mengimbau agar para pesertanya mau serius mengikutinya sehingga nantinya akan dapat menambah wawasannya. Selain itu ia juga mengaku kalau sekarang ini media online yang ada di Sumut sudah mencapai seribu. ” Banyak sekarang media online, untuk di Sumut saja ada 1000 media online. Namun wartawan yang telah memiliki kompetensi masih terlalu sedikit. Dimana ada 750 wartawan yang telah menjadi anggota PWI Sumut tapi yang telah memiliki kompetensi itu hanyalah 400 orang saja,” pungkasnya.

(1)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply