Pendistribusian Logistik Pelaksanaan Pemungutan Suara Oleh KPU

Pendistribusian Logistik Pelaksanaan Pemungutan Suara Oleh KPU

Medan, Beritamonitor.com, Sebanyak 6 (enam) armada jenis dump truk dipastikan segera membantu pendistribusian terkait logistik pelaksanaan pemungutan suara pemilihan gubernur – wakil gubernur sumatera utara (Pilgubsu) yang digelar pada 27 Juni 2018 mendatang, sampai ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kabupaten / kota.

“Hanya 6 dump truk sudah cukup, kemudian dump truk ini akan sampai ke kabupaten / kota membawa logistik,” kata Mulia Banurea Ketua KPU Sumut dalam diskusi publik yang juga menghadirkan narasumber dari akademisi / pemerhati politik Shohibul Anshar Siregar, Senin (28/5) di Medan.

Dijelaskan Mulia, dengan armada yang tersedia selanjutnya akan menurunkan logistic pada daerah terdekat dari lokasi yang dituju.”Misal dari (Kabupaten Madina, diturunkan logistik ke Tapsel, kemuian Padang Sidempuan, sampai pada Padang Lawas Utara,” sebutnya.

Berjalannya dump truk, terangnya, juga mendapat pengawalan langsung dari pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) melalui koordinasi yang sudah terjalin diantara KPU Sumut dengan Polda Sumut sebelumnya.

“Ini sudah kami koordinasikan, besok saja kita bersama tim Polda Sumut berangkat ke Cikarang (pemenang percetakan surat suara / PT Grand Media). Jadi begitu logistik  jalan maka akan dikawal mereka,” ungkapnya.

Untuk itulah, sebutnya kembali, pihaknya berharap seluruh proses pendistribusian tersebut berlangsung sesuai harapan “Kita doa in logistik dibawa dump truk ini sampai ke kabupaten / kota, tepat jumlah, tepat jenis dan tepat waktu kemudan ga ada kerusakan,” tekannya.

Lebih lanjut, Mulia menambahkan, mengenai pihak yang bertanggungjawab terhadap pendistribusian mulai dari pihak percetakan di Cikarang sampai dengan di KPU kabupaten / kota itu dilakukan berbeda pihak.

“Yang lakukan distribusi ada pihak lain lagi, kerjasama dengan perusahaan ekspedisi dan kami juga sudah ketemu, kalau tak salah PT cabe rawit, jadi ada pihak lagi untuk pendistribuisan,” ungkapnya.

Dengan prinsip, paparnya, dalam melakukan pendisribusian dan pergeseran dari daerah Cikarang (percetakan) sampai ke KPU kabupaten / kota dibuat berupa fakta integritas.”Kita pastikan besok Pak Benget Silitonga (Komisioner KPU Sumut) pada Rabu (30/5) akan hadir untuk pelepasan guna memastikan surat suara disesuaikan dengan kondisi, selanjutnya dibuat berita acara,” pungkasnya.

Sementara, Shohibul Anshar Siregar dalam diskusi tersebut mengingatkan kepada KPU Sumut dalam distribusi logistic (surat suara) harus melihat pada topografi, karena sejumlah daerah kabuaten / kota di Sumatera Utara sangat berbeda.

“Kita bisa lihat Nias atau 8 (delapan) kabupaten / kota itu ada didaerah pantai barat, pantai timur dan daerah pegunungan, masing-masing miliki kesulitan akses,” sebutnya.

Tidak hanya itu, Shohibul juga memperhatikan alokasi anggaran bagi petugas terutama di sejumlah wilayah atau daerah-daerah tersulit terhadai logistik.”Saran saya uang untuk mereka dibedakan, bisa 1 : 10 atau 1 : 20 kepada daerah yang biasa-biasa, kenapa, bisa saja ada nyawa yang terancam atas hal itu, belum lagi ada satu daerah akan ketemu dengan harimau, bagaimana itu coba,” pungkasnya. (   ).

(2)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply