Wali Kota Serahkan KKS kepada 400 Warga Kurang Mampu Belawan

Wali Kota Serahkan KKS kepada 400 Warga Kurang Mampu Belawan

Medan, Beritamonitor.com,Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada 400 warga kurang mampu di halaman Kantor Camat Medan Belawan Jalan Cimanuk Kelurahan Belawan II,  Kecamatan Medan Belawan,  Selasa (29/5). Penyerahan KKS tersebut merupakan suatu bentuk kepedulian Pemko Medan dalam upaya memberikan perlindungan sosial bagi warganya yang kurang mampu.

     Penyerahan KKS yang dilakukan secara simbolis kepada 5 orang warga itu dilakukan Wali Kota ketika melaksanakan Safari Ramadhan di Kecamatan Medan Belawan. Selain unsur Forkopimda Kota Medan dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Safari Ramadhan juga dihadiri ratusan warga Belawan.

      Di samping penyerahan KKS,  Safari Ramadhan juga dirangkaikan dengan buka puasa bersama. Sebelumnya,  Wali Kota Medan menyerahkan bantuan untuk Masjid Nurul Hidayah dan Masjid Al Bariyah masing-masing sebesar Rp. 40 juta. Kemudian Wali Kota memberikan santunan kepada 100 orang anak yatim.

     Dikatakan Wali Kota,  pemberian KKS merupakan salah satu bagian dari program keluarga harapan sebagai upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu sekaligus sebagai cikal bakal pengembangan sistem pelayanan pendidikan dan kesehatan.

     “Program keluarga harapan ini dapat dijadikan sebagai akses yang lebih baik dalam memanfaatkan pelayanan sosial yaitu kesehatan,  pendidikan,  pangan dan gizi,  termasuk menghilangkan kesejangan sosial dan keterasingan sosial yang selama ini melekat pada masyarakat kurang mampu, ” kata Wali Kota.

     Oleh karenanya melalui pemberian KKS ini, Wali Kota  berharap dapat membantu masyarakat, khususnya ibu-ibu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada anak-anaknya  di bidang kesehatan dan pendidikan,  utamanya balita,  anak usia sekolah SD,  SMP serta SMA sederajat.

Atas dasar itulah Wali Kota mengungkapkan, Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan terus melakukan pendataan sehingga masyarakat kurang mampu dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.                                                                                                                                   Selanjutnya melalui Safari Ramadhan yang dilakukan tersebut,  Wali Kota mengajak warga Belawan untuk mendukung dan mensukseskan program-program pembangunan yang sedang dijalankan Pemko Medan seperti menjaga kebersihan lingkungan, menghidupkan sistem keamanan lingkungan (siskamling), memenuhi kewajiban membayar pajak serta senantiasa menjaga dan mengawasi keluarga dan anak-anak dari bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

                  Tak lupa Wali Kota juga mengajak warga untuk menggunakan hak pilihnya secara benar pada pelaksanaan Pilgubsu yang akan berlangsun bulan depan. Dengan dukungan warga,  Wali Kota berharap pelaksanaan Pilgubsu 2018 berlangsung aman dan lancar serta jauh dari segala bentuk kecurangan.          

                Sebagai arahan pamungkasnya, Wali Kota mengingatkan kepada seluruh kepala lingkungan (kepling) untuk cepat tanggap terhadap kejadian yang ada di wilayahnya. Dengan demikian semua  kendala yang diarasakan oleh warga dapat teratasi dengan baik. “Kepling harus cepat tanggap dan melayani masyarakatnya dengan sebaik-baiknya!” pungkasnya.

                Penyerahan KKS  yang dirangkaikan dengan Safari Ramadhan itu turut dihadiri Kajari Medan Olopan Nainggolan SH, Kajari Belawan Yusnani SH, Kompol B Pasaribu mewakili Kapolres Belawan, Kapt Inf Hari Susilo mewakili Dandim 0201/BS, anggota DPRD Medan HT Bahrumsyah, alim ulama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.      

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Ir Endar Sutan Lubis MSi dalam laporannya memaparkan, jumlah penerima bantuan sosial untuk Kota Medan sebanyak 80.421 warga, terdiri dari 43.548 warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH)  dan 28.515 warga Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (PBPNT). Untuk Kecamatan Medan Belawan sendiri merupakan menerima bansos terbesar di Kota Medan dengan penerima sebanyak 11.499 warga.

Sedangkan Camat Medan Belawan  Ahmad SP menjelaskan, 400 warga kurang mampu yang menerima KKS dari Wali Kota berasal dari Kelurahan Belawan 1 dan Belawan 2. Dia berharap bantuan yang diberikan ini dapat membantu masyarakat Belawan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga membantu masyarakat keluar dari kemiskinan.

                Dalam Safari Ramadhan, Ketua MUI Kota Medan Prof DR M Hatta memberikan tausiah jelang berbuka puasa. Selesai buka puasa bersama dilanjutkan dengan Shalat Maghrib berjamaah dan makan malam bersama.   Dengan kebersamaan yang dijalin ini dengan masyarakat dan alim ulama ini, Wali Kota pun berharap dapat mendukung pembangunan di Kota Medan, termasuk pembangunan Kecamatan Medan Belawan. 

(0)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply