Perstour : Penghitungan Hasil Surat Suara Pilgubsu 2018,di Beberapa KPU Daerah

Perstour : Penghitungan Hasil Surat Suara Pilgubsu 2018,di Beberapa KPU Daerah

KPU Padang Sidimpuan Tuntaskan Penghitungan Suara

PadangSidimpuan, 2/7 (Beritamonitor.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Sidimpuan, Senin (2/7) akhirnya mampu menuntaskan penghitungan suara manual hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumut setelah sebelumnya sempat terkendala sekira 1 persen dari total suara.

“Ada sedikit gangguan aplikasi pengiriman data ke KPU sejak kemarin. Namun 99 persen sebelumnya sudah terkirim,” kata Kasubag Tehnis KPU Padangsidimpuan Sutan Lubis, kepada wartawan unit KPU Sumut.

Namun, kata dia akhirnya KPU mampu menuntaskan penghitungan seluruh hasil rekap data 524 TPS dari enam kecamatan di wilayah itu.

Ketua KPU Sidimpuan, Dr H Arbanur Rasyid MA, menambahkan keterlambatan pengiriman data 1 persen tersebut juga akibat adanya kesalahan petugas di dua TPS yang turut memasukkan formulir C-1 ke kotak suara.

“Namun masalah ini sudah dilapor ke KPU Sumut dan sudah selesai direvisi. Sejauh ini tidak ada kendala,” ujarnya.

Menurut Rasyid partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih di daerah itu cukup tinggi yakni mencapai 75,28 persen. Jumlah ini meningkat lebih kurang 7 persen dari Pilkada 2012 sebesar 68.50 persen.

Dari data yang dihimpun, jumlah suara untuk kemenangan pasangan nomor urut 1 Edy Rahmayadi – Musa Rajeckshah (Eramas) sebesar 85.451 suara atau 84.44 persen. Sedangkan untuk pasangan Djarot Syaiful Hidayat – Sihar Sitorus (Djoss) 15.744 atau 15.56 persen.

=====================

Penghitungaan Suara KPU Tapsel Sukses

Tapsel, 2/7 (Beritamonitor.com) – Proses penghitungan suara Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018 di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, hingga Senin (2/7) tidak menemui kendala.

Bahkan KPU Kabupaten Tapsel sukses menuntaskan hasil proses hitung cepat itu dua hari setelah hari H- pencoblosan.

“Proses penghitungan suara manual tuntas selama dua hari yakni pada 28 hingga 29 Juni pukul 18.30 WIB dan langsung dikirim ke KPU RI,” kata Ketua KPU Tapsel Ir.Potan Edi Siregar, didampingi Divisi Tehnis Syawaluddin dan Divisi Hukum Mustar Edy Hutasuhut kepada wartawan Unit KPU Sumut, Senin.

Sementara tingkat partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih, kata dia juga cukup tinggi yakni sejumlah 64, 47 persen. “Jumlah ini meningkat dari Pilkada sebelumnya yang hanya mencapai lebih kurang 60 persen,” ucapnya.

Berdasarkan data perolehan suara yang dihimpun dari KPU Kabupaten Tapsel pasangan nomor 1 Eddy Rahmayadi – Musa Rajeckshah (Eramas) memperoleh 93.879 suara atau 76.23 persen sedangkan pasangan Nomor urut 2, Djarot Syaiful Hidayat – Sihar Sitorus (Djoss) memperoleh 29.277 suara atau 23.77 persen.

=====================

KPU Madina Sesalkan Santri Tidak Ikut Pilkada

Panyabungan, 2/7 (Beritamonitor.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mandailing Natal menyesalkan tidak ikut sertanya para santri dari sejumlah pondok pesantren dalam proses Pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur (Pilgub) Sumut 2018. Padahal diperkirakan ada ribuan pemilih pemula di sejumlah pondok pesantren di wilayah itu.

“Untuk tahun ini KPU Madina meniadakan TPS di sejumlah pondok pesantren, karena terkendala pada pendataan identitas dalam hal ini KTP Elektronik,” kata Ketua KPU Kabupaten Mandailing Natal, Agus Salam didampingi Sekretaris Sayur Nasution SE, kepada wartawan, Senin di kantor KPU Madina di Panyabungan.

Padahal, sebut Agus Salam pada proses Pilkada sebelumnya pihak KPU selalu menyediakan tiga hingga enam TPS di sejumlah pondok pesantren.

“Tapi sekarang kan wajib E KTP, jadi harus ada laporan dari tempat asal santri terlebih dahulu. Apalagi di pondok pesantren itu santrinya banyak juga yang berasal dari provinsi lain,” katanya.

Dia mengatakan proses pesta demokrasi rakyat kali ini, jauh berjalan lebih baik dan cukup ketat dengan menggunakan KTP elektronik bagi yang tidak mendapat Form C-6.

Data yang diperoleh dari KPU Kabupaten Madina, Daftar Pemilih Tetap berjumlah 274.583, sedangkan pengguna hak pilih yakni 184.119 suara dan suara sah 181.783.

Sedangkan tingkat partisipasi masyarakat untuk 23 Kecamatan di wilayah itu dalam Pilgub Sumut 2018 sejumlah 66.16 persen .

Pasangan nomor urut 1 Eddy Rahmayadi – Musa Radjecshah (Eramas) unggul dengan perolehan suara cukup signifikan yakni 161.9225 atau sejumlah 89.07 persen. Sementara pasangan nomor urut 2 Djarot Syaiful Hidayat – Sihar Sitorus mendapat 19.874 suara atau 10.93 persen.
==============================

Perempuan Dominasi Perolehan Suara Pilgub Sumut

Panyabungan, 2/7 (Beritamonitor.com) – Kaum perempuan cukup berkontribusi besar terhadap sukses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumut 2018 dari sisi kualitas dan tingkat partisipasi masyarakat.

Data yang diperoleh dari sejumlah KPU Kabupaten/Kota, jumlah Kaum Hawa cenderung mendominasi dan menjadi penentu kemenangan pasangan calon.

Untuk Kabupaten Mandailing Natal misalnya, dari total 66 .10 persen tingkat partisipasi masyarakat pemilik hak suara, pemilih perempuan sejumlah 97.959 atau 69.55 persen dari total suara dan pemilih laki-laki 85.670 suara atau 63.34 persen.

“Total jumlah pengguna hak pilih di Madina 184.119 suara,” kata Ketua KPU Madina, Agus Salam, Senin.

Dia memperkirakan, dominasi pemilih perempuan salah satunya karena pasangan calon cukup gencar menyosialisasikan sejumlah program dan mengunjungi berbagai perkumpulan kaum ibu.

“Yah misalnya ke sejumlah pengajian-pengajian, atau perkumpulan lainnya,” ucapnya.

Dominasi suara kaum perempuan juga terlihat dari data yang dihimpun KPU Tapanuli Selatan.

Kemenangan pasangan Cagub Sumut nomor urut 1 yakni Eddy Rahmayadi – Musa RadjekShah (Eramas) juga didominasi suara kaum Hawa dengan jumlah 64.158. Sedangkan suara laki-laki berkisar pada angka 28.356 suara.

Sementara pasangan nomor urut 2, Djarot Syaiful Hidayat – Sihar Sitorus mendapat 29.277 suara atau 23 .77 persen. Total suara sah di Kabupaten Madina 126.158.

Hal yang sama juga terlihat untuk KPU Padang Sidimpuan dengan jumlah pemilih perempuan 51.310 dan pemilih laki-laki 46.803 suara.

(1)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply